Merliana

Guru di SMPN 2 Pulau Derawan...

Selengkapnya
Navigasi Web
PULAU KECIL ITU BERNAMA DERAWAN (Part 4)
Dokumentasi pribadi by RIZKY HARIADI

PULAU KECIL ITU BERNAMA DERAWAN (Part 4)

Bagaimana cara untuk bisa sampai ke kepulauan Derawan ?

Setelah kita berbicara tentang destinasi dan keindahan kepulauan derawan. Saatnya kita mengetahui rute apa saja dan bagaimana biaya perjalanannya. Bagi traveler, khususnya yang berdomisili di luar Pulau Kalimantan, Anda harus merogoh kocek lebih dalam. Biaya transportasi udara, darat, dan laut, akan memakan banyak biaya. Mengutip pepatah, 'Banyak jalan menuju Roma', Traveling ke Pulau Derawan dan sekitarnya pun ada banyak jalannya dan tidak semua mahal.

Kota terdekat dengan Pulau Derawan yang memiliki lapangan udara adalah Kota Berau dan Tarakan. Kedua kota ini terkenal sebagai titik awal sebelum menuju ke Derawan. Ongkos pesawat ke Tarakan lebih murah daripada ke Berau. Tapi sayangnya, tidak ada kapal reguler yang langsung menuju Pulau Derawan. Apabila rombongan Anda mencapai 10 orang lebih, anda bisa carter speedboat dari Kota Tarakan. Anda bisa patungan untuk menyewa speedboat dan lakukanlah penawaran jitu. Jangan kaget kalau anda mendapatkan harga yang agak mahal, karena harga BBM di sini mahal, kadang juga langka. Jadi ada baiknya Anda tidak menambahkan rute di tengah-tengah perjalanan.

Dari Tarakan ke Derawan dengan speedboat perjalanan memakan waktu lebih dari 3 jam. Biaya tiket pesawat ke Kota Berau lebih mahal daripada ke Tarakan. Dari Berau, Anda dapat melakukan perjalanan 2 jam menuju Tanjung Batu. Lalu dari sana, tinggal naik speedboat kecil dengan waktu tempuh 45 menit untuk tiba di Pulau Derawan. Dari Tanjung Batu itu, terdapat dermaga untuk speedboat penyeberangan ke Pulau Derawan. Tapi motoris speedboat biasanya baru akan berangkat jika penumpang sudah penuh, biasanya minimal 4 orang kalau sistem reguler. beda halnya dengan sistem carter.

Untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah ke kedua kota tersebut, tentu saja rajin-rajin cek promo maskapai penerbangan. Bahkan saya pernah melihat harga tiket promo yang sangat miring, dari Surabaya ke Berau. Lumayan untuk memangkas budget.

Terkadang, selisih harga tiket pesawat ke Berau dan Tarakan beda jauh. Sehingga traveler cenderung memilih Kota Tarakan sebagai start point ke Derawan atau pulang dari Derawan.

Selain menyewa speedboat, ada alternatif lain untuk menuju Pulau Derawan dari Kota Tarakan. Cara ini menghabiskan waktu total kurang lebih 7 jam perjalanan, dengan rute Tarakan-Tanjung Selor dengan speedboat, lalu Tanjung Selor menuju Berau dengan taksi kijang, kemudian Berau ke Tanjung Batu dengan taksi kijang, terakhir Tanjung Batu ke Pulau Derawan dengan speedboat.

Terkadang, dari Pelabuhan Tanjung Selor ada yang sanggup mengantar langsung ke Tanjung Batu. Hal itu tergantung kesepakatan dengan sopir taksi. Rute ini berlaku untuk pulang pergi. Jika harga pesawat ke Berau dan Tarakan lagi melambung, biasanya ketika musim liburan, Anda bisa coba jalur darat. Ingat, hal ini tidak direkomendasikan bagi traveler yang hanya mempunyai waktu liburan sedikit. Sebabnya, jalur darat menuju Berau masih buruk.

Aktualnya perjalanan darat dari Samarinda-Berau dapat ditempuh kurang dari 24 jam. Akan tetapi, terkadang curah hujan yang tinggi bisa membuat kendaraan terjebak di hutan selama berhari-hari. Namun, ini adalah rute yang sangat menghemat budget dikala harga tiket pesawat melambung tinggi. Rute untuk jalur darat tersebut adalah Balikapan ke Samarinda dengan bus, lalu Samarinda ke Berau dengan taksi kijang, kemudian Berau ke Tanjung Batu dengan taksi kijang, terakhir, Tanjung Batu ke Pulau Derawan dengan speedboat. Setibanya di Pulau Derawan, Anda bisa menyewa speedboat untuk menuju Pulau Kakaban, Sangalaki, dan Maratua. Tapi ingat, harga sewa speedboat di sini sangat mahal karena langkanya BBM di sini. Ongkos sewa speedboat kecil ke 3 pulau tersebut untuk 1 hari saja bisa mencapai Rp 1,5 juta atau lebih. (Sumber : m.detiktravel.com)

Harga itu berlaku untuk speedboat kapasitas 5 orang, mesin 40. Berbeda dengan speedboat kapasitas penumpang 10 atau sampai 20 orang. Biayanya bisa sampai Rp. 5 juta ke atas. Namun harga bisa berubah ubah menurut kelangkaan BBM.

Bersambung

29 Mei 2020

#TantanganGurusiana hari ke 13

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa indahnya,,,, Itulah bentang Alam Indonesia

29 May
Balas

Terimakasih pak, yuk mampir liburan klo sdh hlg.covidnya jgn lupa calling2 saya

29 May

Terimakasih pak, yuk mampir liburan klo sdh hlg.covidnya jgn lupa calling2 saya

29 May

Bacanya saja sudah tarik nafas, bagaimana perjalanannya ya..... tulisan yang benar-benar terkemas dengan baik sehingga membawa pembaca harus menahan napas dan berfikir untuk pergi ke sana.

29 May
Balas

Ga serumit yg di pikirkan bun, klo sdh liburan ke p. Derawan, pasti kangen lg pengen ke sini. Klo blom mencoba pasti berasa rumit bu, kapan kapan liburan ke sini, mampirlah di pondok kami heheh

29 May

Belum pernah ke sana Bu. Semoga suatu saat ada kesempatan untuk ke sana. Aamiin.

29 May
Balas

Dekatnya itu bu, cm 2 jam hehe calling2 ya klo ke derawan

29 May



search

New Post